Outlook Zakat Indonesia Tahun 2018

0
386

Akhir tahun 2017 ini Pusat Kajian Strategis (PUSKAS) Badan Amil Zakat Nasional menerbitkan hasil kajiannya mengenai Outlook Zakat Indonesia tahun 2018. Adapun pembahasan di dalamnya meliputi :

1. Gambaran Umum Perzakatan di Indonesia
Pembahasan ini menerangkan tentang potensi zakat yang ada di Indonesia, perkembangan zakat di Indonesia dari masa ke masa dan kontribusi zakat di Indonesia terhadap dunia global.

2. Statistik Zakat di Indonesia
Pembahasan ini menerangkan tentang statistik penghimpunan dan penyaluran zakat di Indonesia sampai dengan tahun 2016. Data-data dan analisis yang disajikan sangat bermanfaat untuk memberi pemahaman tentang pencapaian dan kinerja lembaga zakat selama ini.

3. Indeks Perzakatan Indonesia
Pembahasan ini menerangkan tentang dua buah indeks yang dibuat oleh BAZNAS, yakni Indeks Zakat Nasional dan Indeks Desa Zakat. Indeks zlZakat Nasional digunakan untuk mengukur efektifitas pengelolaan zakat pada suatu daerah. Sementara Indeks Desa Zakat digunakan untuk menentukan apakah suatu desa layak mendapatkan zakat atau tidak.

4. Hasil Survei Zakat Tahun 2017
Pembahasan ini menerangkan tentang hasil survei yang dilakukan PUSKAS BAZNAS untuk mengetahui Indeks Zakat Nasional dan Indeks Kesejahteraan. Indeks Zakat Nasional meliputi indikator makro seperti regulasi pemerintah, alokasi APBD dan database kelembagaan. Sementara indikator mikro meliputi kelembagaan dan dampak zakat. Indeks kesejahteraan diukur dengan metode CIBEST, yakni pengukuran dampak zakat dengan variabel kemiskinan material, spiritual dan absolut serta kesejahteraan material dan spiritual.

5. Prospek Pertumbuhan Zakat Tahun 2018
Pembahasan ini menerangkan prospek zakat tahun 2018 yang meliputi: proyeksi dampak regulasi zakat, proyeksi penghimpunan zakat, proyeksi penyaluran zakat, proyeksi pertumbuhan data realtime BAZNAS, proyeksi Allocation to Collection Ratio (ACR), proyeksi pertumbuhan muzakki dan proyeksi distribusi mustahiq.

6. Tantangan dan Peluang Zakat di Indonesia
Pembahasan ini menerangkan tentang 4 hal yang menjadi peluang dan tantangan zakat di Indonesia. 4 hal itu adalah : Masalah kemiskinan dan sosial di Indonesia, pembangunan keuangan inklusif di Indonesia, zakat sebagai instrumen keuangan inklusif dan prospek pembangunan zakat tahun 2018.

Selengkapnya dokumen outlook zakat Indonesia tahun 2018 dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Unduh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here